085742927777 - 082315612345 - 081977977137
programhcs@gmail.com


Suplemen Fermentasi Pakan Ternak

Fermentasi pakan ternak adalah pakan ternak hasil dari proses pemecahan senyawa organik yang dengan bantuan mikroorganisme diubah menjadi senyawa sederhana. Fermentasi pakan ternak bisa menjadi pilihan mudah. Alasannya, bahan baku bisa dari berbagai daun dan jenis rumput kering atau limbah pengolahan kedelai. Bisa juga dari gedebog pisang ditambah bekatul. Semua bahan itu dicampur lalu difermentasikan selama minimal 3×24 jam. Hailnya adalah makanan ternak fermentasi lebih awet dan dengan  kandungan karbohidrat, protein dan vitamin cukup stabil. Pemberianpakan secara teratur dengan jumlah seimbang antara berat pakan dan berat hewan membuat hewan ternak menjadi terpelihara secara baik.

Teknik untuk mem-fermentasi pakan ternak secara umum dikelompokan menjadi dua, yaitu fermentasi kering dan basah. Biasanya fermentasi basah dapat di peroleh dari limbah perkebunan seperti batang pisang,batang jagung yang dipanen muda, dan kacang tanah. Dan fermentasi kering dapat di peroleh dari tanaman padi (jerami dan damen), kedelai, kacang-kacang, kangkung, dan jagung, dibutuhkan sentuhan teknologi fermentasi. Rata-rata limbah yang di hasilkan oleh petani berupa limbah kering, dan dengan mengetahui teknik fermentasi kering untuk pakan ternak petani akan jauh dari kesan kemiskinan.

fermentasi pakan ternak

fermentasi pakan ternak

Dengan menggunakan SOC-HCS (Suplemen Organik Cair) dapat mempermudah pembuatan fermentasi pakan ternak karena SOC sangat cocok digunakan untuk fermentasi pakan ternak dan bisa dicampurkan keminuman ternak.

SOC itu sendiri merupakan solusi bagi peternak dalam mengembangkan peternakannya dengan megurangi biaya terutama untuk kebutuhan pakan tetapi akan meningkatkan pertumbukan atau kualitas ternaknya, selain menekan pengeluaran selama produksi dan perawatan SOC juga membantu mengurangi tingkat stres pada hewa ternak serta antibodi dengan menekan hewan dari berbagai penyakit dan mengurangi angka resiko kematian di hewan ternak akan terjaga dan tidak mudah sakit.
Selain probiotik dengan bentuk tepung SOC juga merupakan suplemen organik cair yang saat ini banyak digunakan oleh para peternak alasannya dengan bentuk cairan akan lebih memudahkan para peternak dalam meramu pakannya, dengan penggunaan SOC secara teratur akan memberikan manfaat yang luar biasa bagi pertumbuhan ternak, dengan SOC peningkatan berat badan akan jauh lebih cepat, serta SOC juga baik untuk perkembangbiakan, SOC membantu meningkatkan kesuburan pada hewan, sehingga SOC dapat mempertinggi kualitas telur pada hewan unggas, maupun perkembangbiakan hewan ternak lain seperti kambing dan sapi.
SOC digunakan pula dalam pembuatan PMT (Penggunaan Pakan Ternak). Adabanyak pilihan bahan yang dapat di fermentasikan untuk pembuatan PMT. Seperti daun2 kering, kulit kacang, kulit jagung, kedebog pisang, dl. Dengan fermentasi tersebut, pakan bisa bertahan lama untuk makanan ternak sehingga kita tidak perlu merumput setiap saat dan tidak perlu mengembala.
SOC terbukti menghilangkan bau kotoran dengan pola HCS menggunakan SOC kenaikan bobot pada hewan ternak akan bertambah.

Kandungan yang terkandung dalam SOC-HCS

  • Laktobasillus sp
    Diberi nama demikian karena bakteri ini mengubah laktosa dan gula menjadi asam laktat. Bakteri ini banyak digunakan dalam memproduksi yogurt, keju, bir, anggur, kakau, dan pakan ternak. Bakteri ini bersifat mencegah penyakit pada hewan dan tumbuhan sehingga daya tahan tubuh meningkat.
  • Azetobacter sp
    Berdasarkan hasil penelitian para ahli, bakteri ini merupakan bakteri baik yang berfungsi meningkatkan pertumbuhan tanaman maupun hewan. Jika digunakan pada tanah pertanian maka tanah akan menjadi lebih subur. Jika digunakan pada pakan ternak akan meningkatkan penyerapan sari-sari makanan.
  • Pseudomonas aeruginosa
    Bakteri ini adalah bakteri yang bersifat negatif karena dapat menyebabkan penyakit dan infeksi pada hewan dan manusia. Bakteri ini dapat ditemukan di tanah dan air. Pada hewan bakteri ini dapat menyebabkan kerusakan saraf terutama pada hewan yang memiliki kekebalan tubuh yang rendah.  Meskipun bakteri  ini  bersifat negative akan tetapi bermanfaat sebagai pengurai sisa-sisa makanan atau kotoran.
  • Saccharomyces sp
    Bakteri ini sangat penting dalam produksi berbagai jenis makanan seperti anggur, bir, dan roti. Bakteri ini bersifat seperti ragi yang digunakan dalam proses fermentasi berbagai jenis makanan termasuk makanan hewan.
  • Basillus sp
    Bakteri ini terdapat dalam produk probiotik yang terdiri dari spora yang besifat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah penyakit pada ikan dan hewan ternak. Bakteri ini mengandung bersifat sebagai antibiotik yang berperan menghambat pertumbuhan bakteri negatif.
  • Mineral dan vitamin mix
    Mineral berperan dalam pertumbuhan mahluk hidup. Vitamin mix merupakan campuran berbagai macam vitamin yang diperlukan tubuh untuk tumbuh dan berkembang.

Kandungan yang terdapat dalam SOC seperti disebutkan di atas menjadikan bahan ini sangat direkomendasikan sebagai bahan tambahan pada hewan ternak.

Manfaat SOC-HCS fermentasi pakan ternak

  • Membantu mengurangi tingkat stres pada hewan dan menekan timbulnya penyakit pada ternak Anda.
  • Meningkatkan antibodi, sehingga hewan ternak tidak mudah sakit.
  • Mengurangi angka kematian hewan ternak.
  • Memberikan efek merangsang nafsu makan pada hewan ternak.
  • Mempercepat pertumbuhan hewan ternak dan meningkatkan produksi daging.
  • Selain produksi daging, SOC juga baik untuk perkembangbiakan hewan ternak.
  • SOC membantu meningkatkan kesuburan pada hewan.
  • Mempertinggi kualitas telur pada hewan unggas, maupun perkembangbiakan hewan ternak lain seperti kambing dan sapi.

Cara penggunaan SOC-HCS

JENIS TERNAK

TAKARAN

TEKNIK APLIKASI
Unggas (ayam, itik) 2,5 cc atau 1/4 tutup botol SOC + 15 liter air 2 x sehari
Kambing 5 cc atau 1/2 tutup botol SOC + 15 liter air 2 x sehari
Sapi 10 cc atau 1 tutup botol SOC + 16 liter air 2 x sehari

Demikianlah mengenai suplemen organik cair fermentasi pakan ternak dan untuk meningkatkan pertumbuhan pada hewan ternak, dan terhindar dari berbagai penyakit.

Facebook Comments

Incoming search terms:



Tentang Penulis

- Syamsul Ashari, Owner dari Stokishcs.com , kami sebagai penggiat Organik melalui Program HCS untuk memajukan petani dan peternak indonesia.. Go Success..!!!

Posting terkait dengan Suplemen Fermentasi Pakan Ternak







Hak cipta © Pusat Informasi Mitra PROGRAM HCS dan didukung oleh .
آپلود عکس
error: Content is protected !!