085742927777 - 082315612345 - 081977977137
programhcs@gmail.com


Permentasi Pakan Ternak dengan RAGI TAPE JERAMI

ragi tape jerami

Pakan ternak yang difermentasi dengan Ragi Tape Jerami akan terangkat nilai gizinya. Protein akan terpecah menjadi bentuk yang siap serap tanpa banyak yang terbuang. Nafsu makan ternak menjadi berlipat-lipat. Sistem imunitas bebek akan terbangun lebih baik

Ini semua bisa terjadi karena Ragi Tape Jerami mengandung:

  1. Bakteri Acetobacter yang mampu menghasilkan senyawa selulosa dengan derajat kemurnian yang tinggi.
  2. Jamur Rhizopus yang memproduksi enzim phytase yang mencerna phytates, sehingga meningkatkan penyerapan mineral seperti zinc, besi, dan kalsium. Proses fermentasi juga mengurangi oligosakarida yang membuat pakan susah dicerna. Tekstur yang dimiliki pakan lebih lunak karena enzim yang dihasilkan jamur rhizopus selama proses fermentasi meninbulkan perubahan pada protein, lemak, dan karbohidrat. Enzim yang dihasilkan jamur ini antara lain lipase,protease dan amilase yang dalam organ pencernaan unggas berfungsi mencernakan lemak, protein dan pati. Jamur Rhizopus memproduksi zat antibiotika alami untuk melawan sejumlah organisme merugikan.
  3. Aspergillus niger yang sejenis jamur yang bersifat fakultatif, dapat berkembang dalam kondisi aerob maupun anaerob. Oleh karena itu, penggunaan mikroba ini untuk fermentasi akan lebih praktis, karena proses fermentasi tidak mesti tertutup rapat. Jamur ini menghasilkan asam sitrat. Asam sitrat merupakan asam organik lemah yang merupakan senyawa untuk bahan pengawet yang baik dan alami.

Cara pemakaian:

• 5 gr Ragi Tape Jerami per 10 kg pakan (bahan pakan bisa berupa: jerami. Klobot, Pucuk,daun daun tebu alang-alang, daun pisang, dan sejenisnya. (untuk hewan besar).bekatul, nasi aking, jagung sisa pipilan yang terbuang, gabah hampa, ampas kelapa, ( untuk hewan kecil.) Dengan dibasahi sekedar lembab dengan ramuan ragi, pakan diperam 2 hari di wadah tertutup.

Fermentasi dinyatakan selesai manakala muncul salah satu atau lebih dari tanda-tanda berikut ini: 1. Timbul bau wangi karamel (seperti bau gula yang digoreng tanpa minyak). 2. Muncul kapang/jamur berkelompok berwarna putih atau kuning. 3. Saat wadah diraba, terasa temperatur hangat.

• Setelah itu, buka tutup wadah untuk dikeringanginkan dan siap dihidangkan ke ternak peliharaan. Jangan ditutup lagi karena bisa menyebabkan proses fermentasi berlanjut. Jika fermentasi terlalu lama, pakan bisa menjadi terlalu lembek dan aromanya menjadi terlalu kuat.

1 botol Ragi Tape Jerami cukup untuk memfermentasi 1000 kg bahan pakan (1 ton). Harganya yang murah meriah namun kenyataan manfaatnya yang terbukti nyata InsyaAlloh memberi pencerahan buat kawan-kawan para ternak mania di seluruh Indonesia. Volume: 500 gr/botol (1 dos isi 25 botol)

Pemesanan Hubungi Stokis HCS Distributor RJual ragi tape jeramiesmi PT.HCS POWERINDO Layanan order : 08574292 7777 (WhatsApp) 0823156 12345 – 081 977 977 137 PIN BB: 57FA9E30

Facebook Comments

Incoming search terms:



Tentang Penulis

- Syamsul Ashari, Owner dari Stokishcs.com , kami sebagai penggiat Organik melalui Program HCS untuk memajukan petani dan peternak indonesia.. Go Success..!!!

Posting terkait dengan Permentasi Pakan Ternak dengan RAGI TAPE JERAMI







Hak cipta © Pusat Informasi Mitra PROGRAM HCS dan didukung oleh .
آپلود عکس
error: Content is protected !!