Pakan Puyuh Alternatif

Tidak ada komentar 4 views
banner 468x60

Burung puyuh tak hanya diminati dagingnya, namun juga telurnya. Telur puyuh juga menjadi jajanan yang aman untuk anak-anak. Melihat tingginya permintaan pasar akan daging dan telur puyuh, tidak heran apabila kita bisa menemukan peternakan puyuh dengan mudah, di samping peternakan ayam serta bebek. Layaknya peternakan unggas lain, ada tahap-tahap tertentu yang dipersiapkan sebelum mulai menjalankan peternakan. Di antaranya adalah menyediakan lahan, membangun kandang, menyediakan bibit unggul hingga pakan. Agar dapat dihasilkan telur yang kualitasnya baik, asupan nutrisi bagi unggas ini juga penting untuk diperhatikan. Banyak pakan burung puyuh buatan pabrik, namun jika hanya mengandalkan pakan ini tidak akan menghasilkan panen yang memuaskan. Kita bisa memberikan pakan puyuh alternatif buatan sendiri.

  1. Membuat pakan burung puyuh yang alami akan mengurangi ketergantungan akan pakan dari pabrik. Akan tetapi, bukan berarti kita bisa 100% meninggalkan pakan buatan pabrik ini. Jumlah nutrisi yang sama akan diharapkan mampu memenuhi kebutuhan energi untuk ternak puyuh.
  2. Campuran formula untuk pakan alami ini adalah konsentrat khusus buatan pabrik sebanyak 50 kg, dedak halus sebanyak 15 kg serta jagung halus sebanyak 35 kg. Racikan di aas akan menghasilkan pakan yang besaran protein serta kalorinya sesuai kebutuhan burung puyuh petelur, yaitu 2700 kkal serta 22 persen protein keseluruhan.
  3. Apabila bahan-bahan pembuatan pakan alami di atas sulit untuk didapatkan, maka kita bisa menggunakan pakan puyuh alternatif bernama azolla. Azolla ialah sebuah tanaman yang mengandung nutrisi dengan jumlah lebih tinggi dibanding tanaman lain. Azolla bisa dibudidayakan sendiri. Caranya mudah serta ramah lingkungan. Selain itu, azolla juga bisa dipanen di segala musim sehingga tidak perlu khawatir akan ketersediaannya untuk burung puyuh.
  4. Protein dalam azolla ialah sebesar 23 persen per kilogramnya. Azolla yang dimanfaatkan sebagai pakan buatan akan membantu kita berhemat hingga 50 persen untuk menyediakan pakan puyuh.
  5. Azolla juga bisa dikatakan pakan puyuh yang baik. Hal ini terutama karena sifat alaminya. Budidaya azolla juga tidak membutuhkan unsur kimia sehingga akan tetap aman bagi ternak puyuh. Kualitas dari telur puyuh akan dapat ditingkatkan.
  6. Pemberian pakan yang sesuai untuk perkembangan burung puyuh adalah yang memiliki kandungan protein serta karbohidrat baik. Ini akan membuat panen semakin optimal kualitasnya.

Demikian adalah jenis pakan puyuh alternatif yang dapat kita berikan di samping pakan buatan pabrik. Kita bisa memberikan pakan alternatif ini pada burung puyuh agar mereka dapat berkembang biak secara baik dan panennya berhasil. Pemberian pakan adalah salah satu kunci dalam keberhasilan ternak burung puyuh, sehingga harus kita perhatikan secara sungguh-sungguh. Semoga ulasan di atas dapat memberi tambahan wawasan bagi kita.

Pengunjung juga mencari:

    makanan dot puyuh alqm tani
Email Autoresponder indonesia
author
Syamsul Ashari, Owner dari Stokishcs.com , kami sebagai penggiat Organik melalui Program HCS untuk memajukan petani dan peternak indonesia.. Go Success..!!!