085742927777 - 082315612345 - 081977977137
programhcs@gmail.com


Obat cacing alami untuk kambing

Obat cacing alami untuk kambing sangatlah mudah dibuat dari bahan-bahan alam di sekitar kita. Domba Kambing yang Biasanya dipelihara untuk pekerjaan sampingan, dengan cara diangon, dan dikandangkan pada malam hari atau dikandangkan sepenuhnya. Hal ini dikarenakan posisi kambing di Indonesia merupakan ternak yang terintegrasi dengan usaha tani.

Hal inilah yang membuat manajemen pemeliharaan terbilang masih sangat sederhana. Berbekal sistem pemeliharaan tradisional dan diperparah dengan kondisi lingkungan yang terdegradasi, kambing cukup rentan terhadap serangan berbagai macam penyakit. Salah satunya adalah penyakit cacingan dari spesies Haemonchus contortus yang merupakan jenis cacing dari golongan Nematoda dengan angka infestasi dapat mencapai 80%.

obat cacing alami untuk kambing

obat cacing alami untuk kambing

Tanda-tanda kambing cacingan adalah kambing semakin kurus seperti berat badan tidak sesuai umur, bulu agak berdiri dan kusam, sembelit atau kotoran lembek sampai mencret sehingga kandang cepat kotor, terlihat lesu dan pucat serta nafsu makan berkurang, rahang terlihat membengkak, dan yang paling mengerikan adalah mati mendadak.

Kambing yang menunjukkan gejala cacingan bisa diobati dengan obat tradisional atau dengan obat pabrikan. Obat tradisional lebih murah, mudah didapat, dapat dikerjakan oleh peternak, dan tidak memiliki efek samping yang membahayakan sedangkan obat pabrikan sebaliknya.

Obat cacing alami untuk kambing yang telah terbukti efektif mengurangi infestasi cacing pada kambing adalah tanaman nanas. Seluruh bagian tanaman nanas dapat digunakan untuk pengobatan cacingan pada kambing.

 

Untuk mengatasi masalah kambing yang cacingan bisa coba dengan resep di bawah ini  sebagai Obat cacing alami untuk kambing

Resep Pertama

Sediakan bawang putih 2 siung + garam 1 sendok untuk 1 ekor, atau biji pepaya yang sudah ditumbuk halus 1 sendok + garam 1 sendok juga. berikan seminggu sekali untuk yg sudah terkena cacingan, untuk pencegahan cukup 1 bulan sekali.

Caranya cukup di gerus atau diulek saja asal jadi hancur terus tambahkan garam campur air sedikit kemudian cekokin ke kambingnya

Resep Kedua

Buah Nanas tentu saja Anda harus menghilangkan duri nanas. Setelah itu, nanas diberikan langsung kepada kambing, dosisnya 600 mg per 1 kg bobot badan kambing. Perlakuan ini sebaiknya diulang sampai 10 hari ke depan. Perlu diingat juga, hindari pemberian obat ini pada kambing yang sedang mengandung.

Resep Ketiga

Getah papaya dapat didapatkan di semua bagian pohon papaya. Getah papaya paling banyak dan paling baik kualitasnya adalah dari buah papaya yang masih muda. Getah buah pepaya mengandung papain, Kimo papain A, Kimo papain B, papaya peptidase, pektin, D-galaktase dan L-arabinose.

Penyadapan Getah Pepaya.

  1. Buah pepaya muda yang masih menggantung dipohon, ditoreh membujur dengan sedalam 1-5 mm dengan jarak torehan 1 – 2 cm.
  2. Waktu penyadapan pukul 06.00-08.00, diulang 4 hari sekali pada buah yang sama.
  3. Pada tempat torehan, getah yang keluar ditampung dengan gelas/slat dari plastik yang diikatkan pada buah pepaya dengan selotip.
  4. Setiap 100 ml getah yang tertampung ditambah dengan 2 tetes larutan Natrium Bisulfit 30 % untuk mencegah oksidasi.
  5. Selanjutnya dijemur dibawah sinar matahari atau dioven pada suhu 30 – 60 derajat Celcius sampai kering.
  6. Getah yang sudah kering dihaluskan menjadi serbuk.

Penggunaan Sebagai Obat Cacing

  1. Dosis (takaran) yang diberikan adalah 1,2 gram/ kg BB, setiap minggu 3 kali pemberian.
  2. Serbuk getah pepaya di campur dengan air dengan perbandingan 1 : 5 (1 bagian serbuk dan 5 bagian air) diaduk hingga berbentuk suspensi.
  3. Suspensi tersebut diminumkan atau diberikan lewat mulut dengan selang langsung kerumen. Selain getah pepaya yang diambil dari buah pepaya muda, dapat juga perasan daun pepaya dipergunakan sebagai obat cacing tradisional dengan cara sebagai berikut:
  4. Ambil 2 sampai 3 lembar daun pepaya (tidak terlalu muda/tua).
  5. Haluskan daun pepaya tersebut, berikan sedikit air matang/bersih kemudian diperas dan diambil airnya.
  6. Minumkan pada ternak kambing/domba sebanyak 2 sampai 3 sendok makan atau disesuaikan dengan berat badan ternak, setiap minggu, 3 kali pemberian.
Facebook Comments

Incoming search terms:



Tentang Penulis

- Syamsul Ashari, Owner dari Stokishcs.com , kami sebagai penggiat Organik melalui Program HCS untuk memajukan petani dan peternak indonesia.. Go Success..!!!

Posting terkait dengan Obat cacing alami untuk kambing







Hak cipta © Pusat Informasi Mitra PROGRAM HCS dan didukung oleh .
آپلود عکس
error: Content is protected !!