085742927777 - 082315612345 - 081977977137
programhcs@gmail.com


Membeli bibit Sapi

Membeli bibit Sapi – Banyak peternak pemula yang sering bertanya, adakah waktu yang paling tepat untuk membeli bakalan sapi, kambing, domba atau ternak lainnya, untuk memulai usaha pertenakan? Apalagi harga sapi bakalan untuk usaha pertenakan, cukup mahal setelah pemerintah membatasi kuota impor sapi bakalan dari Australia, sedangkan di persedian sapi bakalan di Indonesia sangat sulit untuk didapat, kalaupun ada, itupun dengan harga lumayan mahal.

waktu yang tepat membeli bakalan sapi Tanpa diimbangi dengan pembibitan sapi di dalam negeri, peternak semakin sulit untuk membeli bakalan sapi dengan harga yang murah. Tentunya sekarang peternak sudah merasakan tingginya harga sapi di pasar hewan. Sepertinya program pemerintah untuk swasembada daging, untuk tahun 2014 akan akan gagal lagi, emm tinggal 2 bulan lagi, menuju tahun 2015. Ketika pembatasan kuata impor sapi dari Autralia, tanpa diimbangi dengan pembibitan di dalam negeri. ini akan menjadi hal yang sangat sulit untuk peternak

Usaha penggemukan sapi potong ataupun breeding bisa dilakukan sepanjang tahun. Artinya, bisa dimulai kapan saja untuk memenuhi berbagai pasar penyerap sapi potong. Selama harga bakalan sapi masih masuk dan sesuai standar pasar, peternak penggemukan bisa membeli sapi bakalan untuk digemukkan. Harga bakalan akan turun biasanya ketika peternak membutuhkan biaya, seperti untuk sekolah anak, sehingga menjual sapi atau ternaknya karena butuh biaya.

Pada saat hari raya bisa diprioritaskan untuk pasar sapi potong, baik hari raya Idul Fitri maupun hari Raya Idul Kurban. Namun terdapat perbedaan besar pada kedua hari raya ini. Pada Idul Fitri, permintaan sapi potong cukup tinggi berasal dari penjagalan yang akan memotong dan menjual daging sapi kepada masyarakat. Sementara itu, pada saat hari raya Idul Adha, peternak bisa langsung menjual sapi potong ke konsumen akhir yang akan berkurban atau kepada pedagang hewan kurban.

membeli bibit sapi

membeli bibit sapi

Waktu membeli bakalan sapi potong berkaitan erat dengan tren harga untuk mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya. Waktu yang paling menguntungkan untuk mendapatkan bakalan sapi potong dengan harga termurah adalah saat permulaan tahun ajaran baru dan hari ke-20 sampai dengan H-2 lebaran(dua hari sebelum lebaran)

Pada tahun ajaran baru, sekitar bulan juni dan juli merupakan waktu terbaik membeli sapi dengan harga termurah, karena pada saat itu banyak peternak menjual sapi untuk keperluan sekolah anak-anaknya. Hal ini terutama terjadi di daerah-daerah di mana pertenakan sapi lebih berorientasi pada tabungan bukan pada bisnis. Artinya, sapi dipelihara sebagai tabungan jika sewaktu-waktu digunakan, seperti menyekolahkan anak-anaknya atau menikahkan anaknya yang membutuhkan biaya yang besar. Hukum pasar berlaku disini , jika penawaran tinggi, maka harga akan turun.

Pada hari ke dua puluh (20) puasa bulan Ramadhan sampai dua hari sebeum hari Raya Idul Fitri juga adalah waktu pas untuk membeli sapi potong yang akan kita gemukkan. alasannya, pada momen itu masyarakat sedang sangat-sanat memerlukan uang dana untuk merayakan lebaran jadi banyak peternak yang menjual sapi miliknya. Selainharganya yang menurun, membeli sapi potong yang akan dipelihara saat akan lebaran juga sangat menguntungkan kita. dikarenakan, sekitar dua bulan selenjutanya, pada saat hari Raya Idul Adha, sapi dapat dijual dengan patokan harga yang tinggi, itu kerena keperluan masyarakat kita meningkat dengan tajam, untuk melaksanakan dan meayakan Idul Kurban bagi Umat Islam.

Kita sebagi peternak sangat tidak mengharapkan pemerintah mengimpor daging sapi diluar Indonesia, untuk menekan harga daging di dalam negeri. Mestinya pemerintah memberikan solusi menyediakan bibit sapi potong atau bakalan yang dapat dipelihara kembali oleh peternak, bukannya impor. Dan pemerintah mendirikan badan usaha khusus untuk pembibitan, sehingga tidak semuanya terjun kedalam bidang usaha penggemukan sapi.

Masa yg paling tepat bagi membeli bakalan sapi, kambing, domba atau juga ternak lainnya, bagi memulai usaha pertenakan? Jangankan harga sapi bakalan bagi usaha pertenakan, memadai mahal setelah pemerintah membatasi kuota impor sapi bakalan sejak Australia, padahal pada persedian sapi bakalan pada Indonesia sangat sulit buat didapat, kalaupun tersedia, itupun dan harga agak mahal. Tentunya sekarang peternak sempat menikmati tingginya harga sapi pada pasar hewan.

Usaha penggemukan sapi potong atau breeding dapat dilaksanakan sepanjang tahun. Artinya, dapat dimulai kapan jua buat memenuhi berbagai pasar penyerap sapi potong. Selagi harga bakalan sapi sedang masuk serta sesuai baku pasar, peternak penggemukan dapat membeli sapi bakalan bagi digemukkan. Harga bakalan mau turun biasanya kala peternak membutuhkan biaya, laksana buat sekolah anak, sampai-sampai menjual sapi alias ternaknya sebab butuh biaya.

Pada masa hari raya dapat diprioritaskan buat pasar sapi potong, bagus hari raya Idul Fitri ataupun hari Raya Idul Kurban. Tapi terdapat perbedaan gede pada kedua hari raya ini. Pada Idul Fitri, permintaan sapi potong memadai tinggi berasal bermula penjagalan yg bakal memotong dengan menjual daging sapi terhadap penduduk. Tidakpermanen itu, pada ketika hari raya Idul Adha, peternak dapat langsung menjual sapi potong ke konsumen akhir yg bakal berkurban atau juga terhadap pedagang hewan kurban.

Masa membeli bibit sapi potong berkaitan erat dan tren harga buat mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya. Masa yg paling menguntungkan buat mendapatkan bakalan sapi potong bersama harga termurah merupakan ketika permulaan tahun ajaran nyata dengan hari ke-dua puluh sampai dan H-dua lebaran(dua hari hampir lebaran)

Pada tahun ajaran anyar, sekitar bulan juni serta juli mewujudkan masa terbaik membeli bibit sapi beserta harga termurah, lantaran pada tatkala itu banyak peternak menjual sapi bagi keperluan sekolah anak-anaknya. Tentang ini terutama terjadi pada daerah-daerah pada mana pertenakan sapi lebih berorientasi pada tabungan bukan pada bisnis. Artinya, sapi dipelihara selaku tabungan sumpama sewaktu-saat dipakai, bagaikan menyekolahkan anak-anaknya atau juga menikahkan anaknya yg membutuhkan biaya yg gede. Hukum pasar berlaku disini , asalkan penawaran tinggi, bahwa harga mau turun

Facebook Comments

Incoming search terms:



Tentang Penulis

- Syamsul Ashari, Owner dari Stokishcs.com , kami sebagai penggiat Organik melalui Program HCS untuk memajukan petani dan peternak indonesia.. Go Success..!!!

Posting terkait dengan Membeli bibit Sapi







Hak cipta © Pusat Informasi Mitra PROGRAM HCS dan didukung oleh .
آپلود عکس
error: Content is protected !!