085742927777 - 082315612345 - 081977977137
programhcs@gmail.com


Jenis- jenis Kambing yang ada di Indonesia

Terdapat berbagai bangsa kambing bersama domba pada Indonesia, masing-masing memiliki sifat-sifat yg berbeda. Bangsa- bangsa kambing beserta domba yg pernah dikenal serta menyebar luas pada Indonesia ialah selaku berikut :

Kambing

  • Kambing Kacang (Kambing Jawa)

kambing kacang

Kambing kacang merupakan kambing asli Indonesia. Kambing ini tersebar hampir di seluruh Indonesia. Ciri-ciri kambing kacang: badan kecil, telinga pendek tegak, leher pendek, punggung meninggi, jantan dan betina bertanduk, tinggi badan jantan dewasa rata-rata 60–65 cm, tinggi badan betina dewasa rata-rata 56 cm, bobot dewasa untuk betina ratarata 20 kg dan jantan 25 kg. Telinganya tegak, berbulu lurus dan pendek. Baik betina maupun yang jantan memiliki dua tanduk yang pendek.

  • Kambing Etawah

etawa senduro

Kambing etawah berasal dari wilayah Jamnapari (India) memiliki ciri-ciri hidung melengkung, telinga panjang menggantung, kaki panjang dan bulu kaki panjang, ambing besar dan panjang. Tinggi Kambing jantan 100-125 cm dan betina mencapai 80-90 cm. Baik yang jantan maupun yang betina memiliki tanduk, tetapi kadang-kadang dijumpai induk yang tidak memiliki tanduk. Kambing etawah merupakan jenis kambing perah yang produksi susunya mencapai 3-4 liter per
hari.

  • Kambing Peranakan Etawah (PE)

Kambing Peranakan Etawah (PE) merupakan kambing hasil persilangan antara kambing Etawah (asal India) dengan kambing Kacang. Kambing ini tersebar hampir di seluruh Indonesia. Penampilannya mirip kambing Etawah, tetapiperanakan etawa lebih kecil. Kambing PE merupakan kambing tipe dwiguna, yaitu sebagai penghasil daging dan susu (perah). Peranakan yang penampilannya mirip kambing Kacang disebut Bligon atau Jawa randu yang merupakan tipe pedaging. Ciri-ciri Kambing PE: telinga panjang dan terkulai, panjang telinga 18–30 cm, warna bulu bervariasi dari coklat muda sampai hitam. Bulu kambing PE jantan bagian atas leher dan pundak lebih tebal dan agak panjang. Bulu kambing PE betina pada bagian paha panjang. Berat badan kambing PE jantan dewasa 40 kg dan betina 35 kg, tinggi pundak 76-100 cm.

  • Kambing Gembrong

kambing gembrongBangsa kambing ini banyak terdapat di bagian timur pulau Bali. Asal usulnya belum dapat dipastikan, tetapi kemungkinan merupakan keturunan dari kambing kashmir. Ukuran tubuhnya lebih besar dibandingkan dengan kambing kacang, memiliki tanduk, telinga agak kecil pendek
dan tegak serta ekor kecil dan pendek. Rambut yang menutupi seluruhnya berukuran panjang dan halus. Pada jantan rambut di bagian leher dan pinggang lebih panjang dibandingkan betina.

Pada dahi kambing jantan ada jumbai yang sering kali menutupi muka dan mata.

  • Kambing Boer

kambing boer

Kambing ini merupakan keturunan kambing Afrika Selatan. Pola warna pada kepala dan leher berwarna coklat, badan dan kakinya berwarna putih, serta bulunya pendek dan mengkilap, bertanduk, kaki pendek, hidung cembung serta telinga lebar dan menggantung. Kambing ini merupakan tipe pedaging, betina dewasa dapat mencapai berat badan 60-70 kg dan jantan dewasa dapat mencapai berat 120-150 kg.

  • Kambing Saanen

Kambing Saanen berkambing sanenandaikata mulai Saanen, Swiss. Bagus kambing jantan ataupun betinanya enggak memliki tanduk. Warna bulunya putih ataupun krem pucat. Hidung, telinga serta  kambingnya berwarna belang hitam. Dahinya lebar, padahal telinganya berukuran sedang dengan tegak. Kambing ini adalah bentuk kambing penghasil susu yg berasal sedari lembah Saanen Swiss bagian barat.
Ialah type kambing terbesar pada Swiss. Sulit berkembang pada wilayah tropis implikasi kepekaannya terhadap matahari. Ciriciri telinga tegak beserta mengarah ke depan, bulu dominan putih, tidak tentu ditemui bercak hitam pada hidung, telinga atau juga kambing. Produksi susu 740 kilogram per masa laktasi. Pada Indonesia model kambing ini pada silangkan lagi denga model kambing lain yg lebih resisten terhadap cuaca tropis, kalau bersama model etawa.

Facebook Comments

Incoming search terms:



Tentang Penulis

- Syamsul Ashari, Owner dari Stokishcs.com , kami sebagai penggiat Organik melalui Program HCS untuk memajukan petani dan peternak indonesia.. Go Success..!!!

Posting terkait dengan Jenis- jenis Kambing yang ada di Indonesia







Hak cipta © Pusat Informasi Mitra PROGRAM HCS dan didukung oleh .
آپلود عکس
error: Content is protected !!