085742927777 - 082315612345 - 081977977137
programhcs@gmail.com


Contoh – wujud Domba yg tersedia pada Indonesia

  • Domba Garut

domba garut

Domba Garut merupakan hasil persilangan antara domba lokal, domba Ekor Gemuk dan domba Merino. Bentuk tubuh Domba Garut hampir sama dengan domba lokal dan bentuk tanduk yang besar melingkar diturunkan dari Domba Merino, tetapi Domba Merino tidak memiliki “insting” beradu. Berat badan domba garut dapat mencapai 40-80 kg. Menurut beberapa ahli, bahwa Domba Garut selain memilki keistimewaan juga sebagai penghasil daging yang sangat baik dalam upaya meningkatkan produksi ternak domba. Jenis Domba Garut tergolong jenis domba terbaik, bahkan dalam perdagangannya dan paling cocok serta menarik perhatian banyak masyarakat, mudah dipelihara oleh petani kecil karena relatif lebih mudah pemeliharaannya. Ciri khas Domba Garut yaitu pangkalekornya kelihatan agak lebar dengan ujung runcing dan pendek, dahi sedikit lebar, kepala pendek dan profil sedikit cembung, mata kecil, tanduk besar dan melingkar ke belakang. Sedangkan betina tidak bertanduk, telinga bervariasi dari yang pendek sampai yang panjang dan memiliki warna bulu yang beraneka ragam. Domba Garut banyak dijumpai memiliki daun telinga rumpung.

  • Domba Ekor Tipis

domba ekor tipis

Domba ekor tipis merupakan domba yang banyak terdapat di Jawa Barat dan Jawa Tengah. Berat domba jantan dapat mencapai 30-35 Kg dan domba betina dapat mencapai 15-20 Kg. Domba jantan memiliki tanduk yang kecil dan melingkar, sedangkan domba betina tidak bertanduk. Warna bulu dominan putih, dengan warna hitam di seputar mata, hidung, dan beberapa bagian tubuh lainnya. Domba ekor tipis atau sering disebut domba gembel dalam istilah Indonesia, merupakan domba asli Indonesia, bersifat prolifik (dapat melahirkan anak kembar 2-5 ekor). Baik domba jantan atau betina merupakan domba penghasil daging atau sering disebut jenis domba potong atau domba pedaging.

  • Domba Ekor Gemuk

Domba ekor gemuk banyak terdapat di Jawa Timur, Madura, Lombok, dan Sulawesi yang dibawa ke Indonesia oleh pedagang Arab pada abad XIX. Ciri-ciri domba inidomba ekor gemuk mewujudkan jenis badan gede, bobot domba jantan mencapai 50 kilogram beserta  domba betina 40 kilogram; domba jantan bertanduk, padahal domba betina tak bertanduk; ekor panjang, pada bagian pangkalnya gede bagi menimbun lemak yg banyak, ujung ekornya mungil tak berlemak; warna bulunya sebagian gede
putih, namun tersedia jua yg berwarna hitam maupun kecoklat coklatan.

  • Domba Merino

 

Domba merino sangat terkenal bersama kwalitas wolnya yg prima, domba ini berasal sedari asia mungil bersama telah menyebar ke berbagai belahan dunia, khususnya bagi Negara yg mempunyai empat musim, misal Australia, Newzealand, Prancis, Inggris serta Spanyol, domba merino enggak tahan beserta iklim panas dengan lembab, umpama daerah tropis hasil bulu wolnya yg panjang beserta tebal.
Domba merino jantan bertanduk, tidaklama yg betina enggak bertanduk, domba ini inklusif domba ukuran sedang dan berat badan dewasa mencapai 70 – 80 kilogram buat jantan bersama buat betina 50 -60 kilogram, domba merino sempat didatangkan ke Indonesia tapi tak dapat berkembang degan bagus.

Facebook Comments

Incoming search terms:



Tentang Penulis

- Syamsul Ashari, Owner dari Stokishcs.com , kami sebagai penggiat Organik melalui Program HCS untuk memajukan petani dan peternak indonesia.. Go Success..!!!

Posting terkait dengan Contoh – wujud Domba yg tersedia pada Indonesia




One comment for Contoh – wujud Domba yg tersedia pada Indonesia




Hak cipta © Pusat Informasi Mitra PROGRAM HCS dan didukung oleh .
آپلود عکس
error: Content is protected !!