Menu
Dibuka ke Agenen Produk-Produk HCS, terbatas tiap Kota. Hubungi ADMIN 0823-156-12345

Budidaya Lele dan Pemeliharaannya

Mei
07
2017
by : admin program hcs. Posted in : Info Ternak
Budidaya Lele dan Pemeliharaannya –Pembenihan lele berkembang sejalan dengan meningkatnya usaha pembesaran lele. Apalagi dengan adanya usaha pembesaran lele di kolam terpal yang biayanya tidak terlalu mahal. Bahkan, usaha pembenihan lele di kolam terpal pun dapat dilakukan di halaman atau pekarangan rumah yang relatif sempit.
Budidaya Lele dan Pemeliharaannya
A. PELUANG USAHA
Semakin banyak orang yang terjun dalam usaha pembesaran lele membuat permintaan benih semakin tinggi. tekniks Budidaya Lele dan Pemeliharaannya Tentu hal ini menjadi peluang yang sangat menjanjikan. Apalagi, menurut salah seorang pembenih di daerah Bogor menyebutkan bahwa bisnis benih lele dapat memberikan keuntungan hingga 200%. Selain permintaannya tinggi, usaha pembenihan pun bisa dilakukan sepanjang tahun karena lele dapat memijah sepanjang tahun. Tekniknya pun  bisa dipilih, baik secara alami ataupun dengan teknik buatan (penyuntikan).

MEMULAI USAHA

Pilih lokasi usaha yang sumber airnya tidak tercemar. Kondisi dan kesuburan air akan membantu kesuksesan usaha. Siapkan kolam terpal untuk pemijahan 5 unit dan kolam pendederan 10 unit. Luas kolam sekitar 4 m x 5 m. Siapkan kakaban 1-2 buah pada kolam pemijahan sebagai tempat menempelnya telur. Siapkan peralatan yang dibutuhkan seperti pompa air, seser. dan ember.
Siapkan induk betina berukuran 1. kg/ekor dan jantan 0,8-2 kg. Rasio pemijahan jantan dan betina adalah 1:1
KENDALA
Pembenihan yang dilakukan di outdoor lebih berisiko karena larva dan benih tidak tahan terhadap air hujan yang berlebihan karena lele termasuk ikan yang tidak bersisik. Jika pemeliharaan tidak dilakukan secara intensif, benih dapat mati secara tiba-tiba, terutama yang kepadatannya tinggi.
STRATEGI
Hindari perkawinan ikan dalam satu keturunan karena dapat memperlemah keturunan dan kualitas benih. Atur ketinggian air di kolam pemijahan antara 30-50 cm. Beri pakan pelet pada induk dengan protein 28-32% sebanyak 1-2 dari bobot ikan. Frekuensi pemberiannya cukup 2 kali sehari.
Siapkan induk yang akan dipijahkan. Pilih teknik pemijahan yang dikuasai. baik secara alami atau kawin suntik. lnduk berukuran 1 kg dapat menghasilkan telur sebanyak 20.000-60.000 telur

artikel lainnya Budidaya Lele dan Pemeliharaannya

Kamis 12 Juli 2018 | Info Ternak

SOC atau Suplemen Organik Cair merupakan minuman prebiotik khusus untuk segala jenis ternak. Termasuk burung lovebird.…

Rabu 2 Maret 2016 | Info Ternak, Ternak Kambing

Terdapat berbagai bangsa kambing bersama domba pada Indonesia, masing-masing memiliki sifat-sifat yg berbeda. Bangsa- bangsa kambing beserta domba…

Minggu 13 Maret 2016 | Info Ternak

Kotoran ternak kambing ternyata bisa dipakai sebagai pakan ikan Lele, namun pakanya memakai pakan fermentasi  SOC…

Sabtu 20 Februari 2016 | Info Ternak

Tidak kita pungkiri hampir tiap tahun di indonesia terjadi wabah penyakit pada unggas seperti Flu Burung yang…