Menu
Pelatihan Tani Ternak HCS, di DEPOK 22 OKTOBER 2017, Terbatas untuk 15 Peserta...Segera daftar..!!!

Budidaya Bebek Petelur

Jan
26
2017
by : admin program hcs. Posted in : Info Ternak

Budidaya bebek petelur – Salah satu usaha ternak yang saat ini paling banyak digemari oleh para pelaku usaha di Indonesia adalah Budidaya bebek petelur yang menjanjikan keuntungan yang menggiurkan. Mengapa tidak, sebab permintaan pasar akan ketersediaan bebek selalu meningkat baik untuk daging maupun telur bebek karena kelezatan daging bebek yang saat ini banyak dilirik masyarakat yang enak dikelola menjadi banyak macam jenis kuliner serta telur bebek yang memiliki ukuran lebih besar dari ukuran telur ayam biasa.

Oleh karena itu, ternak bebek petelur banyak dilakukan oleh masyarakat peternak untuk panen keuntungan baik dari penjualan daging maupun telur bebek, sebab usaha ini juga membutuhkan modal yang relatif kecil dengan potensi keuntungan yang besar. Nah, bagi anda yang berminat menggeluti usaha ternak bebek petelur ini, berikut beberapa Tips Ternak Bebek Petelur Yang Baik dan Benar agar memperoleh kesuksesan dalam beternak bebek petelur sebab tidak sedikit pula peternak bebek yang mengalami kerugian karena pengetahuan ternak yang minim.

Berikut langkah-langkah dan tips Ternak Bebek Petelur :

Lokasi Ternak Bebek Petelur
Pastikan lokasi yang anda pilih untuk beternak bebek petelur jauh dari pemukiman warga agar tidak mengusik warga sekitar dengan bau dan aktivitas anda dalam beternak.

Kandang Bebek Petelur
Untuk memulai ternak bebek petelur tentunya anda membutuhkan kandang yang ukurannya disesuaikan dengan jumlah bebek petelur yang akan anda ternakkan. Adapun kandang bebek dapat di buat dari bahan bambu atau kayu. Adapun kandang yang harus anda siapkan adalah :

  1. Kandang anakan/ box dengan berukuran 1×2 m untuk 50 ekor anakan
  2. Kandang brower untuk bebek usia produksi yang akan ditempati sepasang bebek jantan dan betina.
  3. Kandang khusus yakni layar untuk bebek yang siap bertelur.

Kandang yang cocok untuk budidaya bebek petelur adalah jenis Ren. Jenis ini terdiri dari 2 bagian :

  • tempat berteduh, beristirahat dan bertelur dimalam hari
    tempat bermain disiang hari atau playangan.

 

Tempat berteduh, beristirahat dan bertelur berupa ruangan beratap, berlantai tanah dan beralas / litter. Atap dapat berupa asbes, genting atau rumbia. Alas/litter bisa berupa sekam, jerami atau serbuk kayu gergajian. Alas berguna untuk menyerap cairan kotoran bebek sehingga kandang tidak mudah becek, memberi suasana hangat untuk merangsang itik bertelur, menjaga telur agar tidak mudah pecah. Sebelum ditaburi alas/litter, tanah diberi kapur lebih dahulu untuk mencegah penyakit dan mengurangi bau kotoran. Berikan ventilasi yang cukup agar sirkulasi udara dalam kandang lancar. Gas-gas yang timbul dari tumpukan kotoran bisa mengganggu kesehatan bebek yang berdampak pada produktifitas telur. Sirkulasi udara yang lancar mencegah gangguan kesehatan pada bebek yang ditimbulkan oleh gas-gas yang dihasilkan dari timbunan kotoran. Untuk tempat beristirahat sebaiknya diisi 4-5 ekor bebek untuk 1 m2 luas kandang.

Tempat bermain (playangan) berfungsi memberi ruang gerak bagi bebek untuk bergerak aktif sehingga meningkatkan kesehtan bebek. Disini bisa diberi peneduh berupa pohon waru atau talok, tetapi tetap harus menyediakan ruang untuk masuknya sinar matahari. Lantai tanah tempat bermain dibuat sedikit miring agar saat hujan air tidak menggenang. Sediakan tempat minum yang cukup, atau lebih bagus diberi kolam. 1 m2 luas kandang untuk 2 ekor bebek.

Budidaya bebek petelur

Budidaya bebek petelur

Bibit Bebek petelur
Pastikan anda memilih bibit bebek yang baik dan unggul serta tidak cacat, dimana bibit bisa berasal dari indukan maupun telur yang menetas. Jika anda memilih menggunakan bibit dari indukan, maka pilihlah indukan yang tidak cacat dan memiliki bulu yang mengkilap dan mulus.

Untuk budidaya bebek petelur sebaiknya membeli bibit berupa bebek siap telur/bayah agar perputaran modal lebih cepat. Memeliha DOD hingga menjadi bebek siap telur bisa dijadikan peluang usaha tersendiri. Untuk memilih bebek siap telur yang baik diperlukan pengalaman dan kejelian. Bagi peternak pemula sebaiknya membawa teman yang berpengalaman saat membeli bebek agar terhindar dari ulah pedagang nakal.

Berikut beberapa ciri fisik bebek siap telur :

  • ukuran tubuh seragam
  • bentuk tubuh langsing dan berdiri tegak,
  • bulu tubuh lengkap berwarna kemerahan berbeda dengan bebek afkir yang cenderung berbulu pucat keputih-putihan.

Pemeliharaan Bebek Petelur
Untuk pemeliharaan, pakan bebek perlu menjadi perhatian anda dimana pakan bebek merupakan faktor penting kualitas telur dan daging bebek, maka dari itu berilah pakan ternak petelur yang menggandung nutrisi yang tingi serta kaya akan konsentrat. Anda juga dapat menambahkan vitamin yang dicampurkan atau disuntikkan pada pakan yang akan diberikan pada bebek.

Pastikan juga untuk selalu mengecek kebersihan kandang bebek untuk menghindari penyakit dan hal-hal lainnya yang dapat menggangu ternak bebek anda. Anda dapat membersihkan kandang bebek petelur dengan rutin setiap 2-3 minggu sekali agar kotoran dan limbah bebek tidak menumpuk dan mengganggu kesehatan bebek.

Sekian informasi kami mengenai Tips Ternak Bebek Petelur Yang Baik dan Benar, semoga dapat bermanfaat dan berguna bagi anda yang ingin menggeluti usaha atau bisnis ternak bebek petelur ini. Terima kasih.

pakan ternak bebek petelur,ternak bebek petelur modern,kandang bebek petelur,cara ternak itik petelur tanpa air,harga bebek petelur,analisa usaha bebek petelur,ternak bebek entok
modal awal usaha ternak bebek petelur

Pengunjung juga mencari:

    ternak bebek petelur pola hcsternak bebek petelur modernbudidaya bebek petelur pola hcscara ternak bebek telorfungsi SOC pada kandang bebekmitra usaha ternak bebekjual bibit bebek pola hcscara mengikuti mitra peternak bebek cilacapukuran kandang itik petelurkandang bebek petelur modernternak bebek petelurusaha itik petelurmitra ternak bebek petelurmitra bisnis itik petelurmitra usaha ternak bebek petelur#spf=1obat dobolan itik petelurtelegram peternak bebekternak bebek petelur dengan kotoran kambing pola hcsternak bebek petelur modern pola hcsternak bebek mitraternak kambing dan bebekukuran kandang bebek petelurusaha bebek petelur pola hcsmanfaat magot bagi bebek petelurkemitraan bebek petelurKandang itik petelur pola hcsAnalisa ternak bebek petelur pola hcsanalisis budidaya bebek petelur pola hcsbebek petelor mitrabebek petelur HCSbebek petelur pola hcsbeternak bebek telur ala shcbibit bebek hcsbudidaya bebekbudidaya bebek petelur sistim kemitraancara membentuk mitra peternak bebek petelurcara mendapatkan bibit bebek pola hcscara pemakaian soc untuk bebek petelurCara pemberian soc ke bebek petelurcara penggunaan nitrobacter thomas untuk bebek petelurHCS bebek petelurkandang bebek peteluralamat kemitraan ternak bebek petelur

artikel lainnya Budidaya Bebek Petelur

Jumat 21 April 2017 | Info Ternak

Fermentasi pakan ternak adalah pakan ternak hasil dari proses pemecahan senyawa organik yang dengan bantuan mikroorganisme…

Selasa 23 Agustus 2016 | Info Ternak

Ada apa dengan buah dan daun mengkudu/pace ? Apa senyawa yang terkandung di dalamnya sehingga memberikan…

Selasa 24 Mei 2016 | Info Ternak, Ternak Kambing

Bibit ternak unggul adalah aspek produksi primer di dalam usaha peternakan Pemeliharaan Ternak Kambing. Sebaik sedikitpun manajemen…

Rabu 19 Februari 2014 | Info Ternak

“Ayam Bronik” Ayam Bronik,Ayam Broiler Organik yg enggak memkonsumsi bahan-bahan kimia, sedari Vaksin atau juga Vitamin,…




Jl.Abimanyu N0.27 03/01 Desa Gumayun Kec.Dukuhwaru Kab.Tegal Jawa Tengah
0857-4292-7777
0823-156-12345
5FC75681
0823-156-12345
programhcs@gmail.com