Budidaya bebek pedaging 45 hari panen

Tidak ada komentar 1 views
banner 468x60

Budidaya bebek pedaging 45 hari panen– Setelah persiapan awal seperti kandang budidaya bebek pedaging dirasa cukup, tahap berikutnya adalah tahap pemeliharaan. Untuk bebek jenis pedaging yang kita gunakan bebek berkelamin jantan, karena lebih murah dan lebih cepat perkembangannya daripada bebek betina. Untuk lebih memudahkan pemahaman.

cara budidaya bebek pedaging ini akan saya bagi menjadi 3 bahasan :

penanganan DOD setelah tiba dikandang, pemeliharaan awal dan pemeliharaan sampai masa panen.

 

1. Penanganan DOD ketika masuk di kandang

Setelah DOD tiba di kandang, segera masukkan ke dalam kandang boks atau kandang beralas sekam padi yang dibatasi seng. Anak bebek akan terdengar gaduh, ini pertanda bebek sedang menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru. Bahkan mungkin bebek mengalami stress akibat pengaruh pengangkuan dari tempat asal ke kandang kita. Anak bebek tidak langsung diberi makan, beri minum larutan gula merah atau obat unggas anti stress. Air minum diletakkan didasar kandang dan diberi kerikil atau kelereng agar anak bebek tidak basah. Setelah tenang baru diberi makan jenis starter. Basahi pakan dengan menyemprotkan air agar mudah ditelan anak bebek.

Pembuatan Kandang Box DOD: (Usia 1 – 10 atau 14 hari)

 Pembuatan kandang box DOD dengan ukuran 2×1 atau 2×0,9 diisi :

  • DOD Peking dapat diisi 70 ekor sampai umur 10 s/d 14 hari
  • DOD Hibrida 1 dapat disi 80 ekor sampai dengan umur 10 s/d 14 hari c)
  • DOD Hibrida 2 dapat diisi 100 ekor sampai de ngan umur 10 s/d 14 hari d)
  • DOD Lokal ( Mojosari ) dapat diisi 120 ekor sampai dengan umur 10 s/d 14 hari ·

Pemberian Lampu Bohlam + 15 watt – 25 watt sebanyak 2 unit (secukupnya hangat, perhatikan jangan sampai DOD menumpuk yang menandakan kehangaatan kurang atau kedinginan bisa menyebabkan kematian DOD) · Tempat pakan pakai nampan · Tempat minum digantung/ditempatkan diatas kawat ram (usahakan permukaan air minum dipersempit dengan memberi batu kerikil pada tempat minum sehingga yang masuk hanya cucuknya saja, sehingga air minum tidak dipakai mandi yang mengakibatkan DOD basah dan kedinginan yang bisa mengakibatkan kematian atau bulunya dimakan temannya) ·

 

Di bawah tempat minum diberi nampan dengan tambahan kawat ram, untuk menampung tumpahan air minum supaya tidak terinjak-injak DOD sehingga disekitar tempat minum tetap terjaga kekeringannya atau kalau kandang box alasnya menggunakan kawat ram maka usahakan jangan sampai tumpahan air minum jatuh ketanah campur dengan kotoran karena bisa menyebabkan bau yang tidak sedap dan menyengat. · Usahakan kondisi tanah dibawah kandang box tetap terjaga kekeringannya untuk mengurangi bau tak sedaap dan menyengat.

 

2. Pemeliharaan awal

Pemeliharaan DOD: · Pada saat DOD datang, turunkan dikandang box jangan diberi makan dan minum sampai sekitar 15 – 30 menit untuk penyesuaian lingkungan dahulu · Setelah sekitar 30 menit baru diberi minum ( Air, Gula + Sumplemen Organik Cair SOC ) jangan diberi makan dahulu ) · Setelah +/- 30 menit atau rata sudah minum baru beri makan Konsentrat BR 511 full sampai usia 14 hari,makanan diberikan dalam keadaan kering agar tidak mudah basi atau kadaluarsa

Pemberian air gula sekali saja pada saat DOD baru datang · ditambahan Jamu Nutrisi Hewan selama 3 hari berturut turut · Keesokan harinya (besuk paginya) sebelum diberi pakan dan minum ada baiknya diberi Vaksin ND Lasocta/vaksin ayam/unggas yang dicampurkan air minumnya, atau diteteskan pada mata sebelah saja, namun vaksin tidak diwajibkan), setelah 1 jam air minum yang ada vaksinnya diambil dan diganti air minum seperti tersebut diatas. ·

Perhatikan setiap saat:

  • Jangan sampai kehabisan pakan terutama minumannya selama 14 hari (keterlambatan minum bisa menyebabkan sakit flu atau hidung bengkak yang akhirnya bisa terserang penyakit lumpuh. Keterlambatan pakan bisa menghambat pertumbuhan karena masih masa stater)

 

  • Kandang tidak boleh becek atau basah (disarankan kotoran dibersihkan tiap hari) – Di usia 10 hari mulai diperkenalkan dedak / katul yang halus 5% saja dicampur BR 511, kemudian tiap hari ditingkatkan dedak / katulnya naik 5% sampai diusia 21 hari pakan diganti: BR 144= 25% dan Katul / dedak halus 75% Namun akan lebih baik BR 144= 20% + jagung giling / Karak /nasi aking= 20% + Dedak halus 60% 2. Tahap II (Usia 21 HARI – panen) Turun kekandang

 

Budidaya bebek pedaging 45 hari panen

Budidaya bebek pedaging 45 hari panen

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3. Pemeliharaan sampai masa panen

Masa pembesaran: · Kandang lantai tanah diberi alas jerami kering atau sekem, lebih baik bila sebelumnya lantai disterilkan dulu dengan kapur dan dis infektan, setiap kali lantai sudah kelihatan lembab atau basah maka tutup lagi dengan sekem · Namun lebih disarankan apabila bisa menjaga kekeringan lantai kandang dengan cara disapu saja (dibersihkan kotorannya tiap hari) maka tidak perlu dilapisi jerami atau sekem (karena lapisan sekem kadang kelihatan kering dari luarnya saja sedang bagian dalam sekem tetap basah dan bisa menimbulkan ulat didalam sekem dan penyakit lain. ·

Tempat minum :

  • Buat lobang dilantai dalam kandang +/- kedalaman= 30 cm, Panjang= 150 cm, Lebar= 100cm atau secukupnya. – Lobang ditutup dengan kawat ram yang anti karat
  • Tempat minum dapat menggunakan tempat minum ayam kapasitas 7 liter untuk 70 – 75 ekor bebek (atau buatkan dari talang paralon bentuk U dengan panjang secukupnya) lalu ditaruh diatas lobang yang telah disiapkan sehingga tumpahan air minum jatuh didalam lobang yang telah disiapkan dan tidak menggenang ditanah akhirnya kandang becek
  • Tempat minum usahakan permukaan dipersempit untuk menghindari agar oleh bebek tidak digunakan untuk mandi, sehingga cukup paruhnya saja yang masuk.
  • Wajib PEMAKAIAN SUPLEMEN SOC DAN NUTRISI HEWAN

 

Tempat pakan dibuat kotak ukuran 20 x 100 x 4 cm atau secukupnya ·

Beri pakan perbandingan pakan basah / mamel:

  • Konsentrat / pakan buatan Pabrik BR 144 = 25%
  • Dedak halus= 75% Atau lebih bagus
  • Jagung giling atau karak / nasi aking= 20 % Kalau menggunakan nasi aking/karak maka harus direndam dulu +/- 20 menit baru dicampurkan.
  • juga ditambahkan larutan SOC HCS kemudian difermentasikan minimal 3 jam

 

Perhatikan setiap saat: – Kandang harus selalu terjaga kekeringannya atau kelembabannya dan kebersihannya – Kandang jangan pengap perhatikan sirkulasi udara sehingga gas amoniak bisa mudah terbawa angin keluar – Akan lebih baik beri pakan terus menerus sehingga bebek tidak rakus saat pakan datang (bebek cepat gemuk dan cepat dipanen)

Perbandingan Lain 1 konsentrat : 5 bekatul dan nasi bekas kering. 5 bagian bekatul dan nasi bekas kering bisa terdiri dari 3 bekatul : 2 nasi bekas kering atau sebaliknya, juga ditambahkan larutan SOC HCS kemudian difermentasikan.

 

Harga bekatul dan nasi bekas berfluktuasi, pada saat musim panen biasanya harga bekatul turun. Nasi bekas pun demikian, biasanya harga turun saat musim liburan. Jadi pandai pandailah mensiasati keadaan. Walaupun konsentrat bebek harganya juga cenderung berfluktuasi tidak menjadi masalah, karena kebutuhan konsentrat dalam porsi yang tidak terlalu banyak dibandingkan dengan bekatul dan nasi bekas kering. Walaupun begitu penberian konsentrat sebagai sumber protein masih bisa dikurangi/diganti jika ada sumber lain, misalnya kepala udang, limbah usaha penetasan dan lain-lain.

Berikan waktu sehari untuk bebek beradatasi dengan perubahan pakan. Caranya dengan mencampur pakan lama dengan pakan baru, dalam hal ini pakan lama adalah starter, pakan baru adalah campuran konsentrat, bekatul dan nasi bekas.

 

Rendam terlebih dahulu nasi bekas kering/jagung giling dengan air hingga lunak. Aduk campuran bekatul dan konsentrat hingga rata, masukkan nasi bekas yang sudah direndam, tambahkan air panas lalu aduk sampai rata. Pemberian air panas pada adonan pakan berpengaruh baik pada selera makan dan lebih mudah dicerna oleh bebek. setelah dirasa sudah dingin fermentasikan pakan olahan tersembut dengan SOC HCS minimal 3 jam.

=============
1. Cara Beli SOC HCS (Obat Ternak)
2. Penyakit-penyakit Bebek
3. Cara Gabung / Daftar Member HCS
4. Pakan Alternatif  Unggas

5. Jamu Herbal HEWAN
=============

Pakan diberikan 2-3 kali sehari. Perhatikan wadah pakan, jika kosong berarti jatah pakan harus ditambah. Sebaiknya dalam setiap periode pemberian pakan masih tersisa sedikit pakan di wadah. Ini menandakan anak bebek cukup makannya.

 

Berikan pakan dalam beberapa wadah, sehingga 3/4 jumlah bebek dalam satu kandang bisa makan secara bersamaan. Kekurangan wadah mengakibatkan bebek berebut makan hingga banyak pakan yang tercecer. Selain itu ada beberapa bebek yang kalah bersaing berebut pakan hingga mengalami pertumbuhan yang lambat.

 

 

Pengunjung juga mencari:

    pelatihan ternak bebek pedagingcara memberimakan bebek pedaging dg dedak atau katul dikasih air atau tidak?cara merawat bebek pedaging dalam 45 haricara buat pakan jadi bebek dagingpelatihan budidaya bebekcara program ternak bebekcampuran pakan bebek pedagingpakan itik pedagingpakan itik pedpakan fermentasi bebek pedagingpakan bebel pedagingpakan bebek pedaging cepat panenpakan bebepakan bemasa panen bebek lokalusaha ternak bebek pedaging pola hcspanduan pemeliharaan bebek potong dg socpanduan ternak bebek pedaging sampai panenusaha bebek pedaging hcsumur bebek di beri pakan fermentasi socternak bebek 45 hari panentahap pakan dari dod sampai panen bebek pedaging lokalprogram pemeliharaan dod bebek lokal 1 hari-sampai panen dg fermentasi soc hcspengaruh wadah pada makanan dn minuman bebekpengaruh pakam kering untuk pertumbuhan bebekpemeliharaan dod bebek 1-sampai panen dg fermentasi soc hcspelatihan pembudidayaan bebekpedaging bebek pola socmasa panen bemakanan mamel pada pedagingcara beternak bebek pedaging 45 haribudidaya bebek pedaging pola hcsbudidaya bebek pedaging hberternak bebek 45 haribebek umur 45 haribebek pedaging umur berapa panenbebek pedaging pakan/haribebek pedaging lokalbebek pedaging jantan lokalbebek 45cara beternak bebek pedaging lokal jantan pola hcscara campur pakan bebek pake obatkemitraan bebek pedagingkebutuhan pelet bebek dampai panenKandang itik pedaging pola hcshcs bebek pedagingfermentasi pakan bebek pedagingcara usaha ternak bebek 45 hari panenCara ternak bebek daging 45 hari brt 2kgcara ternak bebek 45 hari panencara marawat dod bebek pola hcscara cepat ternak bebek 45 haribahan pakan bebek pedaging
Email Autoresponder indonesia
author
Syamsul Ashari, Owner dari Stokishcs.com , kami sebagai penggiat Organik melalui Program HCS untuk memajukan petani dan peternak indonesia.. Go Success..!!!